Kampus Merdeka adalah cara terbaik berkuliah. Dapatkan kemerdekaan untuk membentuk masa depan yang sesuai dengan aspirasi kariermu. Ambil Kendali Masa Depanmu Pendaftaran Daftar Program
SELAMAT DATANG

Gugus Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Merupakan salah satu gugus pengembang yang dibentuk Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan untuk percepatan pelaksanaan kegiatan Merdeka Belajar. Gugus ini dibentuk awal tahun 2020. Struktur organisasi gugus MBKM tampak pada bagan. Tujuan gugus adalah sebagai program persiapan karier yang komprehensif guna mempersiapkan generasi terbaik Indonesia.

TINGKATKAN KETERAMPILAN

Dapatkan Manfaat Program Kampus Merdeka

image

Eksplorasi pengetahuan dan kemampuan di lapangan

image

Belajar dan memperluas jaringan di luar program studi atau kampus asal

image

Menimba ilmu secara langsung dari mitra berkualitas dan terkemuka

PROGRAM KAMPUS MERDEKA

Pilihan Berbagai Program dan Siap Diikuti Mahasiswa

Kegiatan mahasiswa belajar di luar program studi, yang disusun dalam tiga bentuk, yaitu antar program studi, program studi yang sama di Perguruan tinggi berbeda, atau antar program studi di luar perguruan tinggi.

Kegiatan ini merupakan kegiatan mahasiswa FIP untuk berlatih kerja di sebuah perusahaan, organisasi nirlaba, organisasi multilateral, institusi pemerintah, ataupun perusahaan rintisan (startup company).

Kegiatan mahasiswa mengajar di sekolah dasar dan menengah selama beberapa bulan. Sekolah dapat berlokasi di kota, desa, ataupun daerah terpencil. Kegiatan asistensi mengajar dihargai 20 SKS.

Kegiatan riset akademik, baik sains maupun sosial humaniora yang dilakukan di bawah pengawasan dosen atau peneliti. Kegiatan riset dilaksanakan selama 1 semester atau setara 20 SKS ataupun 2 semester atau setara 40 SKS.

image

Proyek Kemanusiaan

Proyek Kemanusiaan

Proyek Kemanusiaan

Program perguruan tinggi atau untuk sebuah yayasan atau organisasi kemanusiaan, baik di dalam maupun luar negeri (seperti penanganan bencana alam, pemberdayaan masyarakat, penyelamatan lingkungan, palang merah, peace corps, dan seterusnya), yang disetujui perguruan tinggi.

Mahasiswa dapat mengembangkan sebuah proyek yang diinisiasi secara mandiri (untuk mengikuti lomba tingkat internasional yang relevan dengan keilmuannya, proyek teknologi, maupun rekayasa sosial) yang pengerjaannya dapat dilakukan secara mandiri ataupun bersama-sama dengan mahasiswa lain.

Proyek sosial/pengabdian kepada masyarakat untuk pemberdayaan masyarakat di pedesaan atau daerah terpencil dalam membangun ekonomi rakyat, infrastruktur, dan lain-lain. Program dilaksanakan dalam durasi 6-12 bulan, atau maksimal 20 SKS.

Mahasiswa mengembangkan kegiatan kewirausahaan secara mandiri, dibuktikan dengan penjelasan/proposal kegiatan kewirausahaan dan bukti transaksi konsumen atau slip gaji pegawai.

50 k
Sesi Selesai
70 k+
Peserta Terdaftar
120 +
Instruktur Online
99 %
Tingkat Kepuasan
MITRA KERJASAMA

Nasional dan Internasional

Siap membantu dalam pengembangan karir dalam berbagai bidang dan melayani proses belajar mengajar antar mahasiswa/dosen/mitra kerjasama

PUBLIKASI MEDIA

Merdeka Belajar