Seorang akademisi tentu memiliki keinginan untuk mendalami bidang yang ditekuninya. Seperti halnya Dr. I Kadek Suartama, S.Pd., M.Pd. yang menekuni bidang teknologi pendidikan sampai ke jenjang S3, “ saya ingin meningkatkan kualitas diri melalui peningkatan kualifikasi akademik dengan harapan nantinya dapat mendukung pelaksanakan tugas-tugas sebagai seorang dosen (pengajaran, penelitian, pengabdian) secara lebih baik”.
Studi doktor ini ditempuhnya di Universitas Malang selama 3 tahun kurang 3 bulan dengan IPK 3,98 (cumlaude). Diawal masa studinya, Suartama sempat khawatir tak lolos dalam pengajuan beasiswa BPPDN namun karena semangat studi yang tinggi akhirnya diberikan bantuan studi oleh Kemenritekdikti dari semester I sampai semester III, kemudian berlanjut dari semester IV sampai VI mendapatkan beasiswa BPPDN on going.
Berkat ketekunan dan motivasi dari keluarga, teman sejawat, pimpinan (Prodi, Fakultas, Universitas), ia telah menyelesaikan disertasi yang dipertahankan di depan penguji pada 2 Juni 2020. Disertasi yang berjudul “Pengaruh Mobile Ubiquitous Learning dan Self Regulated Learning Terhadap Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar”. Keseluruhan proses penelitian disertasi ini telah menghasilkan 3 artikel yang di publikasikan di jurnal Scopus sebagai kewajiban bagi mahasiswa doktor untuk dapat menyelesaikan studinya. Artikelnya antara lain :
- Artikel yg berkaitan dengan recana pembelajaran (RPP), sudah publish Agustus 2019 di iJET (Scopus Q2)
- Artikel yg berkaitan dengan pengembangan media (u-Learning), akan publish Agustus 2020 di iJIM (Scopus Q2)
- Artikel yg berkaitan dengan uji eksperimen model/strategi, sedang under review di jurnal Scopus Q2
Menurut dosen kelahiran Manggissari ini, FIP Undiksha telah memberikan dorongan dan fasilitas berupa bantuan dana dalam penyelesaian penelitian disertasi. Doktor yang telah di Yudisium pada tanggal 17 Juni 2020 ini pun menyampaikan harapannya, “Perkembangan dan modernisasi di masyarakat akan menuntut profesionalisme di segala bidang, termasuk pendidikan. Profesionalitas dosen dapat ditingkatkan melalui peningkatan kualitas akademik dosen. Bagi rekan akademisi yang belum doktor saya berharap supaya segera menyiapkan diri untuk studi lanjut”. Dan bagi lembaga pihaknya berpesan karena tingginya biaya publikasi, ke depan pihak fakultas/lembaga perlu mengalokasikan bantuan dana publikasi bagi dosen yang sedang tugas belajar.